Friday, September 9, 2016

Tips Menghadapi Menopause



Menopause sering diidentikan menjadi tua bagi sebagian wanita. Kenyataan tersebut menjadi hal yang menakutkan bagi wanita, kekhawatiran tersebut mungkin berawal dari pemikiran bahwa dirinya akan menjadi tidak sehat, tidak bugar dan tidak cantik lagi. Kekhawatiran yang berlebihan akan menyebabkan wanita sangat sulit untuk menjalani masa ini. Agar seorang wanita dapat berpikir secara positif dalam menghadapi masa menopause diperlukan informasi dan pengetahuan yang cukup serta kesiapan fisik, mental dan spiritual yang dilakukan pada masa sebelumnya.

Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi (men = menstruasi, pause = berhenti) karena produksi dan fungsi hormon wanita yang mengatur menstruasi mengalami penurunan secara alamiah. Biasanya terjadi pada usia 45-55 tahun, namun dapat juga terjadi pada usia lebih muda karena penyakit atau operasi pengangkatan indung telur.Seorang wanita pada usia tersebut dikatakan sudah mengalami menopause apabila setelah 6 bulan berturut-turut tidak mengalami menstruasi.

Kapan menopause terjadi pada seorang wanita, tidak ada yang sama pada setiap orang. Hal ini tergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhinya, antara lain:

Usia saat haid pertama kali (menarche), dari berbagai penelitian diungkapkan bahwa semakin muda seorang wanita mengalami haid pertama kalinya, semakin tua atau lama ia memasuki masa menopause.

Faktor psikis, seoramg wanita yang tidak menikah dan bekerja diduga mempengaruhi perkembagan psikis seorang wanita.  Menurut beberapa penelitian mereka akan mengalami masa menopause lebih muda dibandingkan dengan mereka yang menikah dan tidak bekerja/bekerja atau tidak menikah dan tidak bekerja.

Jumlah anak, beberapa peneliti menemukan bahwa semakin sering seorang wanita melahirkan maka semakin tua atau lama mereka memasuki masa menopause.

Usia melahirkan, penelitian yang dilakukan di Bostonmengungkapkan bahwa wanita yang masih melahirkan di atas usia 40 tahun akan mengalami usia menopause yang lebih tua. Hal ini terjadi karena kehamilan dan persalinan akan memperlambat sistem kerja organ reproduksi.

Merokok, diduga wanita perokok akan lebih cepat memasuki masa menopause.


Sosial ekonomi, meskipun data pasti belum diperoleh, diduga bahwa menopause dipengaruhi oleh faktor status sosial ekonomi.

No comments:

Post a Comment